MEDIA INDONESIA NEWS
Opini
Olah Raga
Hiburan
Media Indonesia News Pilar Negara Dalam Mencegah dan Memberantas Korupsi, Sinergis Bersama Penegak Hukum

POLITIK

08 November 2021,    23:55 WIB

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge


Tim Red

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge

Bone Bolango-mediaindonesianews.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu (7/11).

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge

Pembentukan Rumah Kreatif Gorontalo diinisiasi oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) Kabupaten Bone Bolango dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

"Jadi bukan pemerintah yang membangun, tapi justru komunitas," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, pemerintah berperan memberikan kebijakan dengan mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kearifan produk-produk lokal. Sehingga, pola ini akan dikembangkan di destinasi-destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge

"(Tujuannya) Agar pariwisata yang berbasis masyarakat, berkualitas, dan berkelanjutan. Sehingga membuka lapangan kerja seluas-luasnya," katanya.

Sektor pariwisata, lanjut Sandiaga, terbukti enam kali lipat lebih cepat dalam membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, ia berharap dengan diresmikannya Rumah Kreatif Gorontalo ini bisa menjadi sinyal kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Gorontalo, khususnya di Kabupaten Bone Bolango.

"Kita harapkan nanti kolaborasi antara Pak Bupati (Bone Bolango) dan pentahelix semua bisa menjadi awal dari kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga.

Dalam peresmian ini, Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi, Irjen Pol. Krisnandi, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Gunawan.

Selain itu, turut hadir pula Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim; Bupati Bone Bolango, Hamim Pou; Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli; Ketua Gemawira Bone Bolango, Yunilia Asra Uno; Kadispar Provinsi Gorontalo, Rifli Katili; Kadisparekraf Bone Belango, Lukman A. Daud, dan Pendiri Rumah Kreatif Gorontalo; Syaiful Suga. (Tim Red)