MEDIA INDONESIA NEWS
Opini
Olah Raga
Hiburan
Media Indonesia News Pilar Negara Dalam Mencegah dan Memberantas Korupsi, Sinergis Bersama Penegak Hukum

ADVERTORIAL

19 Desember 2022,    21:08 WIB

Bambang Setiawan, SH: Pelayanan Admiduk Kabupaten Bogor Aktif dan Kolaboratif


JP

Bambang Setiawan, SH: Pelayanan Admiduk Kabupaten Bogor Aktif dan Kolaboratif

Bambang Setiawan, SH Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor

Cibinong-mediaindonesianews.com: Dalam upaya mengajak semua pihak untuk mengoptimalkan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor terus melakukan inovasi dan kolaborasi serta memperluas jangkauan pelayanan hingga ke pelosok Desa.

Bambang Setiawan, SH: Pelayanan Admiduk Kabupaten Bogor Aktif dan Kolaboratif

Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam menerima layanan administrasi kependudukan, sehingga dapat meningkatkan angka kepemilikan dokumen kependudukan. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan manfaat lainnya, ketika telah memiliki dokumen kependudukan, seperti menerima layanan pendidikan, kesehatan, bantuan sosial dan sebagainya.

Beberapa kegiatan dan layanan kolaboratif yang telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan diantaranya Pelayanan Administrasi Kependudukan di Lokus Desa Binaan Dharma Wanita Persatuan (DWP)

Ditjen Dukcapil Kemendagri bersama Disdukcapil Kabupaten Bogor membuka posko layanan jemput bola adminduk, seperti perekaman dan cetak KTP-el, registrasi KTP Digital, pencetakan Kartu Keluarga, KIA, akta kelahiran, akta kematian dan dokumen lainnya. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan kerja DWP Unit Ditjen Dukcapil Kemendagri yang berkolaborasi dengan DWP Disdukcapil Kabupaten Bogor dalam melakukan dan memberikan bantuan sosial serta pembinaan masyarakat di Disa Cibeber Dua, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Bambang Setiawan, SH: Pelayanan Admiduk Kabupaten Bogor Aktif dan Kolaboratif

 Hadir dalam acara tersebut seluruh jajaran direktur Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Plt. Kadisdukcapil Prov. Jabar, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Polhukesra Kabupaten Bogor, Kadisdukcapil Kabupaten Bogor, Camat Leuwiliang, Kades Cibeber Dua, DWP Ditjen Dukcapil; DWP Kemendagri, DWP Disdukcapil Kabupaten Bogor serta warga masyarakat Desa Cibeber. Dalam kegiatan tersebut berhasil melayani sebanyak 347 dokumen kependudukan. Jumlah ini terdiri perekaman KTP-el 119 pemohon, cetak KTP-el 134 keping, cetak akta lahir 47, cetak KIA 44, cetak KK 1, dan cetak akta kematian 2 pemohon.

Selanjutnya Pelayanan Administrasi Kependudukan pada kegiatan Bogor Keliling (Boling) di Kecamatan Bojonggede. Dengan semangat memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat, Disdukcapil Kabupaten Bogor mendukung suksesnya program Bogor Keliling (Boling) dengan cara ikut serta memberikan pelayanan secara terpadu (3in1) untuk pencatatan kelahiran, pencatatan kematian, Perekaman KTP elektronik dan perubahan biodata penduduk atau kartu keluarga.

Dan yang ketiga Kadisdukcapil menjadi Narasumber dalam Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Hal tersebut disampaikan bahwa Disdukcapil berkomitmen             untuk             mendukung terlaksananya Pemilu Tahun 2024 dan berkolaborasi dengan KPUD   dan Bawaslu Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor menjadi narasumber dalam kegiatan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Bogor pada Senin, 12 Desember 2022. (JP)