MEDIA INDONESIA NEWS
Opini
Olah Raga
Hiburan
Media Indonesia News Pilar Negara Dalam Mencegah dan Memberantas Korupsi, Sinergis Bersama Penegak Hukum

ADVERTORIAL

11 September 2020,    01:37 WIB

UMKM Sebagai Lokomotif Perekonomian Rakyat Yang Harus Tetap Dijaga


Lian

UMKM Sebagai Lokomotif Perekonomian Rakyat Yang Harus Tetap Dijaga

Jakarta – MINNews.com : Salah satu penopang ekonomi masyarakat indonesia di masa pandemi ini adalah adanya Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tetap bertahan. Situasi pasar dan kepercayaan investor tentu bisa dilihat dari fluktuasi pasar modal yang bisa bertahan dikisaran 5000 up, hal ini tentu merupakan indikator geliat ekonomi Indonesia secara makro masih tetap terjaga.

Wakil Rektor II Universitas Kristen Indonesia (UKI), Dr. ML. Denny Tewu SE, MM berharap pemerintah perlu memiliki data detail dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mana saja yang bisa mendapatkan stimulus.

“jika nantinya stimulus yang diberikan Pemerintah dalam berbagai hal khususnya UKM diharapkan dapat mengangkat kondisi ekonomi Indonesia agar terhindari dari Krisis. Situasi pasar dan kepercayaan investor tentu bisa dilihat dari fluktuasi pasar modal yang bisa bertahan dikisaran 5000 up tentu merupakan indikator geliat ekonomi Indonesia secara makro masih tetap terjaga,” katanya kepada MINews.com Kamis (10/9).

Menurut Denny, hal yang segera untuk dilakukan adalah, upaya – upaya pencegahan dan penurunan penderita Covid di Indonesia agar tidak menjadi issue liar yang membuat kepercayaan luar negeri menjadi turun serta berdampak kepada larinya dana-dana investor luar dari pasar modal. 

“hal yang penting dilakukan Pemerintah saat ini adalah, insentif Pemerintah tentunya berguna untuk membantu para karyawan yang bergaji kecil, dalam kondisi seperti sekarang ini,” ujarnya.

Dari pengamatan Denny, dalam situasi saat  ini, menjaga stabilitas agar kebutuhan pokok masyarakat secara umum dapat terjaga tentu sangat baik, apalagi menjaga daya beli pegawai bergaji rendah dan membantu UMKM semua.

“Merupakan bantuan strategis yang dibutuhkan masyarakat, apalagi di daerah perkotaan yang tidak bisa hidup dari anugerah alam” ujar Doktor Manajemen Bisnis UNPAD Bandung.

Denny berharap, pemerintah harus tetap mejaga stabilitas sosial politik dan ekonomi, dimana UMKM sebagai lokomotif perekonomian rakyat yang harus tetap dijaga agar tetap mendukung perekonomian rakyat disaat-saat yang sulit ini, imbuhnya.

“Adanya upaya pemerintah penguatan UKM,UMKM dalam menghadapi resesi, program pemulihan ekonomi nasional Denny berpandangan program Pemerintah tentunya sudah tepat, karena harus menjaga fondasi ekonomi rakyat, tetap terjaga dan produktif dalam situasi apapun,” pungkas. (LiaN)